Note

No matter how you start, the process will make you better and better. Don't worry to make a mistake, just do it... It's better than doing nothing.

Find me at Path--> Wynfrith M.

Jumat, 31 Oktober 2014

Stand Still, Don't Lose from Any Critics or Even Flames

Belakangan ini di media sosial lagi heboh tentang hujan kritik. Karena sudah cukup heboh, nggak usahlah aku bikin lebih heboh lagi. Intinya ada seorang penulis yang hujan kritik pedas nan menyakitkan. Dia mengirim sebuah karyanya untuk mendapat kritik/saran di sebuah situs. Kemudian, bukan hanya sekedar kritik yang dia dapat. Nampaknya dia justru mendapat hujan hujatan. Begitu menyakitkan sampai dia menghapus posting-nya itu sendiri. Tapi kuyakin dia tetap tegar. Dia pasti baik-baik saja. Aku tidak akan membahas lebih lanjut soal penulis satu ini. Aku ingin membahas tentang respon seorang penulis.
 
Seorang penulis harus berhati-hati dalam berkomentar. Jangan pernah menanggapi kritik setajam apa pun dengan kasar. Adalah hak semua orang untuk memberikan kritik dan setajam apa pun yang mereka berikan. Namanya juga pembaca, ya opininya terserah mereka. Kita tidak punya hak menyatakan kritik mereka salah. Aku pernah dengar, ada sebuah organisasi yang bisa memberikan label hitam pada penulis yang tidak bisa menerima kritik dan malah berbalik menyerang si pemberi kritik. Masalahnya aku lupa apa namanya. =w=" maaf ya. Tapi yang pasti, si penulis akan dicap memiliki bad behavior. Dan mereka yang mendapat cap ini, dia akan di-banned dari beberapa situs kepenulisan, seperti Goodreads dan Wattpad, untuk selamanya. Organisasi ini adalah organisasi besar yang berpengaruh... Sekaligus jadi pengawas yang bagus untuk sikap para penulis. Seorang penulis harus mampu bersabar dan terus berjalan dengan tegak. Jangan takut. Maju terus.

Mereka yang di-banned sebenarnya bisa saja kembali lagi ke dunia kepenulisan, tapi harus dengan nama yang baru. Jangan sampai kalian dapat cap ini, ya. Memang mendapat kritik pedas yang tajam itu sangat menyakitkan. Bahkan bisa membuat kita jatuh dan sulit untuk bangkit. Tapi jangan sampai kritik itu membuat kita mendapat cap buruk itu. Tetaplah bersabar. Jika kita mendapat flame seperti itu, jangan jatuh. Itu bukan kritik yang bisa kita jadikan pelajaran. Juga bukan opini yang sesuai dengan kondisi atau kemampuan asli kita. Dapat diistilahkan, itu hanya seorang yang mabuk dan melempar kita dengan botol bir kosongnya seraya bersumpah serapah. Abaikan. Tetaplah kuat. Ada impian yang jauh lebih besar yang perlu kita perhatikan.

Ingat cara yang pernah kusebutkan sebelumnya? Jika mendapat kritik... Lihat isinya. Ambil poin penting (itu pun jika ada, kalau tidak ada ya abaikan saja). Lalu kembali berjalan maju. Itu saja yang ingin kukatakan hari ini. Dan ngomong-ngomong... Happy Halloween semuanya... ^^ Semoga hari kalian menyenangkan~


Sumber: www.fanpop.com (via Google)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar