Note

No matter how you start, the process will make you better and better. Don't worry to make a mistake, just do it... It's better than doing nothing.

Find me at Path--> Wynfrith M.

Senin, 12 Mei 2014

Don't Forget to Research

Yak, setelah satu tahun nggak nulis novel, akhirnya aku kembali masuk ke bab pertama hari ini dalam novel kolaborasi dengan seorang teman penulis. Dan di saat itu juga aku teringat hal paling penting yang harus dilakukan sebelum menulis novel. Research.

Sebelum mulai menulis, ada baiknya kalian sudah menyiapkan outline kalian lebih dulu. Pastikan jalannya cerita sudah cukup jelas meski hanya bayangan kasarnya saja. Dan untuk itu, research adalah hal yang cukup penting terutama untuk kalian yang ingin menulis novel bertema historical maupun tema lain yang bukan fantasi. Kenapa? Supaya logika yang ada tetap terjaga. Karena di novel fantasi saja kejelasan suatu scene dalam cerita harus tetap bisa diterima, apa lagi novel non-fantasi?

Misalnya saja yang baru saja aku sadari beberapa waktu lalu. Aku lupa cari tahu kendaraan apa yang mungkin digunakan oleh seorang saudagar kaya pada tahun 1920. Kenapa harus dicari tahu? Tulis saja mobil antik, kan bisa? Tidak...tidak... Salah satu hal yang membedakan novel dari cerpen selain panjangnya cerita adalah detail. Detail dalam novel pasti bisa lebih jelas dibanding cerpen yang jumlah halamannya terbatas. Jadi, usahakan agar detail kecil seperti itu bisa tetap kalian perhatikan dan perlihatkan. Agar terasa lebih nyata~

Begitu saja untuk hari ini =w= ahahahaha
Harus segera kembali ke novelnya. Dan, dunia panas ya hari ini? #nggak penting
Jadi, sekian dulu... 0w0//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar